Kamis, 01 Oktober 2015

10 Ciri-Ciri Wanita Sedang Hamil

Hamil adalah salah satu harapan yang paling sering didoakan oleh setiap pasangan suami istri, terutama oleh mereka yang telah lama menikah tapi tidak kunjung hamil. Artikel berikut ini berisi informasi tentang ciri-ciri wanita hamil dan cara paling akurat memastikan kehamilan. Semoga bermanfaat.



Meskipun terdapat ciri-ciri wanita hamil yang spesifik, hal itu tidak berarti bahwa semua wanita yang memiliki ciri tersebut sudah pasti hamil. Begitu pula sebaliknya, wanita bisa saja telah hamil selama beberapa bulan meskipun dia tidak menunjukkan ciri-ciri orang hamil sama sekali.

Oleh karena itu, seorang wanita yang merasakan adanya tanda bahwa dirinya sedang hamil perlu melakukan serangkaian tes dan juga memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kehamilannya.

Kehamilan memang seringkali membingungkan, terutama pada pasangan muda yang sedang menunggu-nunggu kehamilan pertama mereka. Karena kurang pengalaman dan kurang pengetahuan membuat mereka tidak tahu dengan pasti ciri-ciri wanita hamil. Dan memang ciri kehamilan setiap wanita berbeda.

Tidak ada wanita yang memiliki ciri yang sama persis saat sedang hamil dan bahkan ciri tersebut kadang berbeda juga antara kehamilan pertama dan kedua.

Kehamilan secara pasti hanya bisa di diagnosa oleh Dokter setelah melalui beberapa tes. Namun demikian terdapat beberapa ciri pada wanita yang merupakan tanda si dia sedang hamil. Dengan mengetahui tanda tersebut akan membuat istri ataupun suami lebih sigap menghadapi kehamilannya.

Di artikel ini kita akan membahas beberapa ciri awal kehamilan yang paling umum dialami kaum wanita. Perlu dipahami bahwa tanda tersebut kemungkinan disebabkan oleh faktor lain selain lonjakan hormon saat hamil. Jadi jika anda merasakan salah satu atau beberapa tanda di bawah ini, itu tidak selalu berarti anda hamil. Satu-satunya cara untuk mengetahui pasti adalah dengan tes kehamilan.

Beberapa Ciri Wanita Hamil

Jika anda termasuk wanita yang peka terhadap perubahan sekecil apapun pada tubuh anda, maka kemungkinan besar anda sudah tahu sedang hamil segera setelah pembuahan terjadi, istilah orang tua dulu “langsung jadi”.

Tapi sayangnya kebanyakan wanita tidak mengalami ciri awal kehamilan sampai telur yang dibuahi menempel pada dinding rahim yang biasanya terjadi beberapa hari kemudian setelah proses pembuahan. Bahkan beberapa wanita lain bahkan tidak mengalami tanda kehamilan apapun selama berminggu-minggu dan mulai bertanya-tanya “Apakah saya hamil?” setelah merasa menstruasinya tidak kunjung datang.

Berikut ini beberapa ciri wanita hamil yang perlu anda ketahui. Penting dipahami bahwa ciri berikut ini bisa dialami keseluruhan, sebagian atau bahkan tidak ada gejala sama sekali selama proses kehamilan.

Mengidam makanan. Ini adalah ciri paling klasik dan paling mudah ditebak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 90% wanita hamil mengidamkan makanan aneh di bulan pertama kehamilan mereka. Penyebab wanita hamil mengidam makanan adalah karena adanya perubahan hormon di dalam tubuhnya. Tapi meski demikian mengidam bukanlah tanda kehamilan yang pasti kecuali jika tanda tersebut diikuti oleh ciri-ciri kehamilan yang lain di daftar ini.

Aerola menghitam. Jika aerola atau kulit di sekitar puting susu berubah warna menjadi kegelapan maka ada kemungkinan terjadi kehamilan, meskipun juga perubahan warna tersebut bisa muncul karena pengaruh dari kehamilan sebelumnya.

Perdarahan dan kram. Sekitar seminggu setelah ovulasi kemungkinan wanita hamil akan mengalami kram dan perdarahan berupa bercak-bercak merah muda. Hal ini disebabkan oleh sel telur yang terus masuk ke lapisan endometrium.

Sering buang air kecil. Setelah janin mengalami implantasi dan mulai memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG), maka kemungkinan besar calon Ibu akan sering buang air kecil.  Ini terjadi karena kandung kencing tertekan oleh rahim yang membesar. Keluhan beser ini biasa akan berkurang setelah kehamilan berusia 12 minggu dan timbul kembali setelah kehamilan 28 minggu.

Merasa kelelahan. Saat hamil wanita akan memproduksi hormon progesteron dalam jumlah besar dan merasa sangat capai seolah-olah habis lari maraton puluhan kilo setelah beraktifitas rutin. Kelelahan adalah salah satu ciri awal kehamilan meskipun bukan gejala yang pasti.

Payudara membengkak. Saat hamil payudara akan mengalami pembengkakan mirip saat menstruasi dan terasa lebih lembut jika disentuh. Puting payudara yang membesar dan berwarna gelap bahkan terkadang terasa sangat gatal dan sakit. Penyebabnya adalah karena adanya peningkatan kadar hormon, setelah tubuh terbiasa, pembengkakan dan rasa sakit biasanya akan berangsur hilang.

Penciuman berubah. Banyak wanita hamil yang merasakan bau logam di mulutnya, ada juga yang menjadi mual jika mencium aroma kopi, teh dan makanan yang biasanya mereka sukai.

Tidak lagi mendapat haid atau menstruasi pada bulan berjalan. Jika anda memiliki siklus menstruasi yang teratur dan mengalami keterlambatan pada periode berjalan maka ada baiknya anda melakukan tes kehamilan sehingga anda dapat memperkirakan usia kehamilan dan perkiraan waktu persalinan. Terlambat datang bulan adalah ciri kehamilan yang paling pasti pada wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur.

Mual dan muntah. Akibat adanya perubahan hormon dalam tubuh. Mual muntah ini sering disebut sebagai “morning sickness” karena biasanya mual dan muntah tersebut terjadi di pagi hari pada beberapa hari setelah pembuahan terjadi.

Hasil tes menunjukkan positif. Lakukan tes menggunakan alat tes kehamilan pada hari pertama keterlambatan haid, jika positif segera lakukan pemeriksaan ulang ke dokter untuk memastikan terjadinya kehamilan.

Setiap wanita memiliki tanda kehamilan yang sangat bervariasi. Ada yang berat dan ada juga yang bahkan tidak mempunyai keluhan sama sekali. Bila ciri-ciri kehamilan ini belum ada, maka sebaiknya anda melakukan tes lain.

Cara Memastikan Terjadinya Kehamilan

Cara yang paling sering di gunakan Dokter untuk memastikan kehamilan adalah dengan tes urin. Tes urin kehamilan ini bisa anda lakukan sendiri dengan membeli alat test di apotik dan melakukan tes urin di rumah.

Test urin kehamilan dilakukan dengan mengukur kadar HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yaitu sebuah hormon yang dihasilkan plasenta dan jumlahnya akan meningkat dalam urin dan darah selama minggu pertama setelah pembuahan.

Meskipun menggunakan alat tes kehamilan sangat mudah, anda disarankan untuk tetap membaca instruksi yang sudah disediakan. Jika perlu hubungi nomor telepon produsen yang biasanya sudah disertakan dalam paket alat tersebut. Buka segel hanya jika anda telah siap menggunakannya.

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, disarankan melakukan tes saat pagi hari menggunakan urin pertama karena urin pertama di pagi hari memiliki kandungan hormon HCG sangat tinggi.

Jika hasil positif, berarti anda akan segera memiliki bayi. Hindari hal-hal buruk bagi janin seperti asap rokok, obat-obatan atau alkohol agar bayi dapat lahir dengan normal. Tetapi jika hasil tes negatif maka kemungkinan anda tidak hamil atau jika anda masih ragu sebab merasakan adanya ciri kehamilan, maka ulangi test pack beberapa hari.

Dan bila masih ragu maka sebaiknya kunjungi dokter untuk pemeriksaan yang lebih detail. Dokter akan memeriksa apakah ada janin dalam kandungan dengan metode USG (Ultrasonografi). Metode ini bisa dikatakan sangat akurat sebab dokter dapat memperlihatkan gambar dan gerakan janin di dalam kandungan ibu hamil.

Demikian tanda dan ciri-ciri wanita hamil, kesimpulannya meskipun terdapat ciri-ciri fisik seperti mual dan terlambat datang bulan, hal tersebut belum bisa dijadikan patokan telah terjadi kehamilan. Terjadinya kehamilan secara positif hanya bisa di ketahui melalui pemeriksaan oleh dokter kandungan.

Kuis Kehamilan

Apakah saya hamil? kemungkinan besar anda bertanya-tanya tentang hal tersebut dalam hati setelah mengalami sebagian dari tanda kehamilan di atas. Untuk membantu anda menjawab pertanyaan tersebut berikut ini kami buatkan kuis kehamilan yang harus anda jawab dengan jujur.

Di bawah ini adalah ciri-ciri dan gejala wanita hamil dalam bentuk kuisoner. Jawablah pertanyaan-pertanyaan beriukut ini dengan benar dan sesuai dengan kondisi yang anda alami:

1. Apakah anda telat datang bulan (haid)?

A. Ya

B. Tidak

2. Apakah anda atau suami menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan?

A. Tidak

B. Ya

3. Apakah kahir-akhir ini anda merasa cepat lelah?

A. Ya

B. Tidak

4. Apakah anda kadang mengalami kondisi emosional yang tidak biasa?

A. Ya

B. Tidak

5. Belakangan ini apa yang anda rasakan pada payudara anda?

A. Payudara terasa nyeri dan bengkak

B. Normal-normal saja seperti biasa

6. Apakah anda mengalami perdarahan akhir-akhir ini?

A. Ya, saya mengalami flek mirip haid

B. Tidak

7. Saat menggosok gigi, apakah anda sering mengalami gusi berdarah?

A. Ya

B. Tidak

8. Apakah akhir-akhir ini anda sering mengalami mimisan?

A. Ya

B. Tidak

9. Apakah anda sering mengalami hidung meler?

A. Ya

B. Tidak

10. Apakah areola (kulit berwarna di sekitar puting) anda terlihat lebih besar dan lebih gelap dari biasanya?

A. Ya

B. Tidak

11. Apakah anda mengalami perubahan cairan vagina menjadi lebih banyak dan lebih kental dari biasanya?

A. Ya

B. Tidak

12. Apakah anda sering mengalami buang air kecil akhir-akhir ini?

A. Ya

B. Tidak

13. Apakah kepala anda sering sakit belakangan ini?

A. Ya

B. Tidak

14. Apakah anda sering pusing?

A. Ya

B. Tidak

15.  Apakah Anda lebih sering mengalami perut kembung dan kram seperti saat menstruasi tetapi tidak ada perdarahan?

A. Ya

B. Tidak

16. Apakah punggung bagian bawah anda sakit?

A. Ya

B. Tidak

17. Akhir-akhir ini apakah anda sulit tidur di malam hari?

A. Ya

B. Tidak

18. Sudahkan anda tes kehamilan? hasilnya bagaimana?

A. Positif

B. Negatif

Demikian 18 pertanyaan untuk mengetahui apakah anda hamil atau tidak. Jika anda menjawab sebagian besar A pada kuisioner di atas, maka besar kemungkinan saat ini anda sedang hamil. Jika hasil tes kehamilan telah mengkonfirmasi kehamilan anda maka langkah selanjutnya adalah kunjungi dokter untuk melakukan tes darah untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Ciri-ciri dan tanda kehamilan pada wanita pada dasarnya bersifat kasustik artinya tidak selalu sama pada semua wanita, tapi meski demikian terdapat beberapa ciri atau tanda yang sama yang harus dikonfirmasi melalui tes kehamilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar