Kamis, 01 Oktober 2015

Ciri – Ciri Orang Hamil 1 Minggu Secara Lengkap

Ciri – ciri orang hamil 1 minggu mungkin sudah beberapa yang anda ketahui, misalnya ciri – ciri orang hamil secara umum adanya mual – mual dan terlambat datang bulan. Namun ciri – ciri yang lengkap yang melibatkan hal-hal kecil mungkin anda sepelekan, padahal mual dan terlambat menstruasi bisa jadi bukan berarti anda hamil. Bisa saja karena anda mual karena masuk angin dan siklus menstrusasi ada memang sedang ada gangguan yang mana hal itu wajar terjadi pada semua wanita.


Hamil pada minggu pertama dari sisi kedokteran terhitung dari hari terakhir anda menstruasi, perhiutngan ini umum dan digunakan sebagai perhitungan semua dokter kandungan. Jadi kehamilan minggu pertama bukanlah dari 1 minggu setelah pembuahan namun dari seminggu datang bulan terakhir anda.

Ciri – ciri hamil orang 1 minggu bisa terjadi berbagai macam hal yang mungkin berbeda tiap wanita tergantung dari masing-masing kondisi medis orang yang hamil. Nah, gejala dan tanda-tanda wanita hamil 1 minggu ini kejadiannya bisa beberapa poin bersamaan dan bisa juga semua poin yang akan saya jabarkan terjadi bersamaan. Untuk mengetahui apakah anda sedang hamil seminggu atau tidak bisa dengan mengetahui ciri – cirinya dengan jalan Non Medis maupun dengan jalan Medis.

A. Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara Non Medis

mual - mual ciri orang hamilMinggu pertama kehamilan mungkin akan sedikit susah diketahui dan terlalu dini jika anda ingin memeriksakan kedokter dan melakukan tes medis untuk mengetahui apakah anda sedang hamil atau tidak. Biasanya kita akan melihat kehamilan ini dengan melihat ciri – ciri yang terjadi pada diri anda. Untuk mengetahui dari sisi non medis ciri – ciri awal kehamilan minggu pertama bisa diketahui dari segi fisik maupun non fisik. Berikut ini adalah penjabarannya secara lengkap:

1. Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara fisik.

Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara fisik secara umum dikarenakan adanya perubahan hormon pada tubuh yang akhirnya menimbulkan beberapa perubahan pada tubuh.

 Pendarahan atau Bercak Darah
Pada minggu pertama ada bebera dari wanita hamil 1 minggu akan mengalami pendarahan implantasi yang biasa disebut dengan implantation bleeding. Pendarahan ini terjadi karena proses menempelnya atau proses implantasi calon janin anda kedinding rahim, sehingga anda mungkin akan menjumpai bercak seperti halnya haid namun hanya sedikit.

Kram Perut / Sakit Perut
Seperti halnya pada proses terjadinya bercak darah, kram perut ini juga terjadi akibat proses implantasi calon janin. Anda akan merasa sakit perut karena proses penempelan tersebut adalah suatu yang biasanya bukan bagian dari rahim anda akan segera menjadi bagian dari rahim anda. Jadi wajar bisa selama proses ini anda akan mengalami gangguan perut.

 Perubahan Payudara
Pada minggu pertama kehamilan anda akan melihat adanya perubahan pada payudara anda. Payudara akan lebih sensitif jika tersentuh atau terkena bra secara mendadak anda akan merasa tidak nyaman. Dari segi ukuran juga terlihat sedikit membesar. Jika anda raba/remas, payudara juga anda terasa kebih lembut dan empuk. Pada beberapa wanita juga akan merasakan gatal pada payudara dan puting yang lebih menjulang atau membengkak. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh anda.

 Terlambat Datang Bulan atau Menstruasi
Sebuah ovarium yang sudah terbuahi maka tidak akan dikeluarkan dari tubuh, hal inilah yang menyebabkan anda tidak mengalami menstruasi saat adanya pembuatan sebagai tanda bahwa anda hamil muda. Siklus menstruasi ini biasanya sebagai pedoman umum bagi para wanita, jika terlambat haid maka besar kemungkinan anda sedang hamil.

Mual – mual dan Muntah
Sebagai ciri – ciri orang hamil pada minggu pertama, bisa dikenali juga sering mual – mual pada pagi hari atau biasa disebut sebagai morning sickness. Namun tidak menutup kemungkinan mual – mual ini tidak hanya terjadi pada pagi hari tapi sepanjang hari.

Sering Buang Air kecil
Saat terjadi kehamilan, maka janin dalam rahim anda akan membutuhkan ruang untuk tumbuh didalamnya. Hal ini menyebabkan tertekannya kandung kemih oleh rahim anda dan membuat anda akan sering buang air kecil. Seringnya buang air kecil ini terjadi pada awal kehamilan atau 1 minggu masa kehamilan dan akan berhenti pada minggu ke 12 lalu akan terjadi kembali saat perut mulai membesar pada kisaran minggu ke 28.

Mudah Lelah
Ciri – ciri orang hamil lain pada minggu pertama kahamilan anda akan merasa tingkat kelelahan yang tinggi, anda akan merasa begitu capek walaupun hanya melakukan pekerjaan sehari – hari. Pada wanita yang mempunyai tekanan darah rendah akan lebih punya kelelahan tinggi bahkan bisa sampai pingsan. Untuk itu harap berhati – hati dan waspada, pada kehamilan 1 minggu pertama anda harus banyak istirahat karena tekanan darah anda akan menurun.

2. Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara non fisik.

mengantuk ciri orang hamil 1 mingguPerubahan hormon pada tubuh disaat hamil 1 minggu selain berpengaruh pada perubahan fisik juga berpengaruh pada perubahan non fisik anda. Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara non fisik:



Mengidam
Ngidam sudah menjadi istilah umum untuk orang yang tiba – tida menginginkan sesuatu yang biasanya makanan secara berlebih. Para wanita hamil muda biasanya ingin mengkonsumsi makanan dengan rasa menyengat. Kebanyakan ingin yang terasa kecut/masam seperti mangga atau jambu. Namun tidak menutup kemungkinan berbagai jenis makanan juga terasa sangat ingin mencicipinya. Hal ini normal dan wajar terjadi sebagai akibat dari perubahan hormon. Ngidam bisa berlangsung tidak hanya dalam minggu pertama kehamilan namun sampai 9 bulan.

Sensitif pada Penciuman
Jangan kaget jika anda menjadi sangat sensitif terhadap bau-bau tertentu, sensitifitas pada indra penciuman anda ini bisa jadi adalah ciri – ciri anda sedang hamil muda. Asap rokok, minyak wangi dan bawang putih biasanya menjadi bau yang tidak disukai oleh orang hamil 1 minggu. Namun ada juga yang tiba – tiba sangat menyukai bau-bau tertentu.

Mengantuk dan moody
Mengantuk dan perasaan yang moody juga merupakan ciri – ciri orang hamil 1 minggu. Selain mudah lelah secara sifik anda akan merasa sangat moody dan gampang tersinggu. Dan anda jadi sering mengantuk karena pada dasarnya perubahan hormon ini akan meminta tubuh anda untuk beristirahat.

Gelisah dan Stres
Bagi orang yang hamil 1 minggu, ciri – ciri yang bisa anda rasakan adalah perasaan anda yang punya kekhawatiran yang tinggi. Anda akan mudah gelisah yang mengakibatkan anda mengalami stres. Bagi beberpa wanita bisa mengalami depresi, oleh karena itu peranan orang-orang terdekat sangat penting untuk menjaga kondisi non fisik anda saat hamil 1 minggu pertama ini.

B. Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara Medis

Selain hal – hal yang telah dijelaskan tentang ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara non medis, dari sisi medis anda bisa melakukan dua langkah pengetesan kehamilan.


Ciri – ciri orang hamil 1 minggu dengan Tes Urin / Tes Pack
Ciri ciri hamil 1 minggu Dengan Tes UrinUntuk memastikan apakah anda sedang hamil atau tidak, anda bisa menggunakan test pack atau alat tes kehamilan yang banyak tersedia pada apotik – apotik setempat. Tes urin inilah yang biasanya digunakan oleh dokter ataupun bidan desa. Karena kemudahan dan keakuratannya. Pada saat anda hamil muda maka akan terjadi peningkatan plasenta yang akan terbuang dalam urin. Kadar ini akan terlihat tinggi pada saat pagi hari, karena itu tes urin sebaiknya digunakan pada pagi hari. Anda bisa membaca cara penggunaan pada petunjuknya untuk cara selengkapnya. Jika anda positif hamil maka test pack akan menunjukan 2 garis dan jika negatif hanya akan terlihat 1 garis.

Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara medis dengan USG
Cara ini memang jarang dilakukan, namun jika anda ingin mengetaui secara pasti maka cara medis satu ini adalah salah satu yang akurat. Dengan cara USG anda bisa langsung melihat apakah ada janin dalam rahim anda. Bagi beberapa orang tua mungkin lebih memilih dan menyukai hal ini, selain untuk memastikan bisa sekalian mengetahui keadaan janin dalam rahim.

Semua poin diatas adalah ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara lengkap. Semua ciri – ciri tersebut kadang terjadi secara bersamaan atau semua terjadi, namun ada juga wanita hamil yang melewatkan 1 atau 2 hal diatas. Hal penting sebagai ciri – ciri orang hamil 1 minggu adalah pada poin terlambatnya menstruasi. Karena itu adalah tanda kehamilan awal yang tidak mungkin terlewatkan atau tidak dialami oleh orang yang hamil 1 minggu. Semoga ciri – ciri orang hamil 1 minggu diatas bisa bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar